Kamis, April 14

'Hukuman' untuk Briptu Norman Kamaru



Satu-dua bulan yang lalu, tidak ada yang tahu siapa itu Briptu Norman Kamaru. Tapi sekarang, siapa sih yang tak kenal dengan anggota Brimob Polda Gorontalo yang kocak ini? Sebut saja namanya, orang pasti kontan tergelak seraya berkata, "Oh, Briptu Norman Khan?". Ya, 'artis YouTube' lokal yang saat ini tengah tenar luar biasa adalah Briptu Norman Kamaru dari Gorontalo.


Popularitas Briptu Norman berawal dari sebuah video yang diunggah ke YouTube. Video berjudul Polisi Gorontalo Menggila itu memperlihatkan tingkah polah seorang polisi dalam menirukan gerakan aktor India, Shakh Rukh Khan, saat berjoget di film Dil Se dengan iringan lagu Chal Chaya Chaya (klik DISINI). Dalam video berdurasi 6 menit 30 detik itu, sang polisi berjoget dan ber-lypsync dengan gerakan tubuh yang pas dan mimik yang akurat. Yang membuat penonton semakin geli adalah 'polisi Khan' itu beraksi di samping seorang rekannya sesama polisi yang, lucunya, asyik sendiri dengan handphone-nya dan sama sekali tidak terpengaruh dengan kegilaan rekan polisi di sebelahnya.



Di zaman media sosial seperti ini, video itu dengan mudah berpindah tangan. Sampai hari ini, video tersebut sudah diklik lebih dari 500.000-an kali. Respon paling heboh terjadi di Facebook dan Twitter, dua situs jejaring sosial terbesar di Indonesia. Reaksi yang sebagian besar pro dan kontra. Yang pro mengatakan tindakan itu menghibur rakyat; polisi juga manusia yang bisa berbuat 'gila' saat jenuh. Yang pro menghujat 'polisi Khan' itu mencemari kors polisi. Apalagi setelah dicermati tingkah polisi itu dilakukan saat sedang bertugas, sambil merokok pula. Terlihat juga sekilas tindikan anting di telinganya. 

Ya, 'polisi Khan' itu ternyata bernama Norman Kamaru. Anggota Brimob Polda Gorontalo ini berpangkat Briptu alias Brigadir Satu. Sejumlah gosip pun seputar aksinya itu pun mengemuka. Ada yang bilang, aksi kocak Briptu Norman berpangkal dari keinginan menghibur rekan sesama polisi di sampingnya yang tengah bermasalah dengan sang istri. 


Mengetahui ada anggota korpsnya yang sedang jadi sorotan, Kepolisian mengapresiasi sekaligus menegur aksi Briptu Norman. Kepala Bidang Humas Polda Gorontalo, AKBP Wilson Damanik, mengatakan pihaknya menghargai kreativitas Norman. Namun di samping itu, tindakan Norman bukan tanpa sisi negatif. Dalam rekaman video tersebut, Norman dinilai kurang menjaga kehormatan institusi Polri lantaran menggunakan seragam dinas. (Kompas.com)


Atas sikapnya yang dianggap kurang menjaga kehormatan institusi Polri itulah, sanksi terpaksa dijatuhkan kepada Briptu Norman. Tapi masyarakat yang sudah terlanjur jatuh sayang kepada polisi yang kocak ini, langsung ribut di media sosial, mengkritik keputusan yang dianggap tidak adil tersebut. Hiruk pikuk mengenai sanksi untuk Briptu Norman ini pun menjadi perbincangan tersendiri di situs-situs jejaring sosial.


Ada yang bilang, hukuman bagi Briptu Norman berupa keharusan menyanyi dan berjoget India lagi di depan di depan sekitar personel polisi yang baru selesai berlatih persiapan pemilukada Gorontalo. Juga di depan Kapolda Gorontalo, Brigadir Jenderal Irawan Dahlan. 






Tapi menurut Dansat Brimob Polda Gorontalo, AKBP Anang Sumpena, Rabu (6/4) lalu, aksi Briptu Norman itu bukan hukuman. Pasalnya, Briptu Norman sudah diberi sanksi berupa peringatan. Menurut Anang, jika mengedepankan hukum positif, apa yang dilakukan Norman melanggar disiplin. Apalagi, pada saat menjaga posko ada prosedur yang tak boleh dilanggar. Misalnya tidak boleh membuka baret, dan tidak boleh bercanda berlebihan. Teguran yang dilayangkan ke Norman: silakan berkreasi, berseni, tapi jangan mengulangi saat jaga posko.

Jadi, apa makna aksi joget dan nyanyi kedua Norman di depan rekan-rekannya itu? Masih menurut Anang, hal itu murni inisiatif Norman sendiri."Norman melihat 200 personel sudah siang, capek, dia menawarkan diri. Lalu dia memutar musik di HP-nya, musik Shahrukh Khan. Lalu dia pegang mike, dan bernyanyi sekitar 10 menit," kata Dansat Brimob Polda Gorontalo, AKBP Anang Sumpena. Hebatnya, jika dalam video yang beredar di YouTube Norman hanya lipsync, kali ini secara langsung dia menyanyikan lirik Chaiya-chaiya. Hebatnya lagi, dia hafal liriknya.

Berbeda dengan videonya yang diunggah di YouTube, di situ Norman bernyanyi langsung dan ternyata suaranya boleh juga.


Mau tau lengkapnya?






0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...