Kamis, April 14

Wanita India Bisa Pilih Suami Lewat Polling





Ada tradisi unik bagi wanita India dalam mendapatkan jodoh untuk dinikahi. Melalui tradisi swayamvar wanita India bisa memilih suaminya layaknya memilih baju di supermarket. Begitu dipilih langsung dinikahi di akhir swayamvar. Baru -baru ini seorang janda berumur 55 tahun yang tinggal di panti jompo melangsungkan tradisi ini. Uniknya, pada putusan akhir pemilihan ia serahkan siapa suaminya kepada penonton.


Swayamvar adalah tradisi Hindu kuno yng mengijinkan wanita memilih calon suaminya dari daftar pelamar. Baru -baru ini Bhanumati, janda miskin berusia 55 tahun menggelar swayamvar untuk memilih satu dari 36 pelamar. Dan, wanita yang telah senja ini pun mendapatkan pendamping hidup di sisa hayatnya.

Acar pemilihan suami ini berlangsung dalam tiga putaran. Pada putaran pertama dilipih sepuluh pelamar. Putaran selanjutnya dipilih tiga. Putaran terakhir adalah keputusan Bhanumati memilih satu dari tiga pilihan terakhir.

Majalah Times of India melaporkan, sebelum mengambil putusan terakhir Bhanumati melakukan pengamatan dalam tiga putaran. Meski demikian ia gagal mengambil keputusan final. Karena tradisi memutuskan harus ada yang dipilih, akhirnya wanita 55 tahun ini menyerahkan pilihan pada penonton melalui polling. Layaknya kuis Be a Millionaire. Rawal, yang sebelumnya menarik perhatian janda ini menjadi pemenang polling.

" Sebenarnya Rawal yang menjadi pilihan saya, ketika penonton juga memilih dia, saya kira ini sudah campur tangan ilahi," katanya.

Bagi janda miskin ini pernikahannya dengan Rawal adalah yang kali ketiganya. Suami pertama menceraikannya, sedangkan suami kedua meninggal. Setelah itu semua anak-anak dan kerabat Bhanumati meninggalkan dia, yang kemudian memaksa pindah ke panti jompo.

Dikatakan, selama berada di panti ia sudah berupaya mencari jodoh. Namun ia kecewa karena para prianya rata-rata sudah berumur di atas 65 tahun . ''Akan banyak membutuhkan viagra,'' katanya.

Kemudian ia didekati anggota Vina Mulye Amulya Sewa (VMAS), organisasi nirlaba yang berdedikasi membantu orang tua mencari kekasih. Mereka membantu menyusun swayamvar untuknya. Dan Bhanumati akhirnya menemukan Rawal, untuk dinikahi, meski ia baru bertemu sekali.

" Ini hal biasa dalam pernikahan. Aku rasa itu tidak berbeda dengan seorang Amerika yang kencan kemudian dibawa ke tingkat berikutnya,'' ungkap Bhanumati.

Akankah hubungan mereka akan langgeng? Ataukah Bhanuawati akan menghadiri swayamvar lagi? Tentu waktu yang akan menjawabnya.




sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...